Cara Melacak Pengunjung Blog

Cara Melacak keyword Pengunjung

Apakabar para netter yang makin mantap setiap harinya? oke kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang apa yang saya beri judul di atas, yaitu cara melacak pengunjung blog atau website anda. Dibawah ini Berikut tools atau best tracking sources yang bisa anda gunakan untuk melacak keyword pengunjung blog anda. Saya yakin situs ini sudah tidak asing lagi untuk anda,tentunya bagi yang sudah tau, bahkan anda sudah sangat familiar dan setiap hari menggunakannya sekali lagi untuk yang sudah kenal yah.hehe.

Beberapa hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum anda melanjutkan, keberikutnya semua situs yang akan anda gunakan dibawah ini harus melalui tahap registrasi terlebih dahulu tentunya dan melengkapi informasi yang dibutuhkan untuk masing-masing situs tersebut (klu anda sudah pernah daftar anda bisa melewatkan saja, simple kan).

Setelah anda mendaftar dan melengkapi data yang diminta, selanjutnya anda akan mendapatkan kode html dan anda harus meletakkan pada blog anda. Hal seperti ini berlaku untuk hampir semua situs sejenis ini, termasuk juga situs social media, situs bookmarking, dll.

Setelah itu blog anda akan di tracked dan anda bisa melihat statistik blog dari waktu ke waktu dan tentunya setelah login terlebih dahulu. Ibaratnya script itu untuk mata-mata bagi blog atau website anda kepada pengunjung anda. Wah wah nemu juga ni cara melacak pengunjung ke blog atau ke website kita.

Nah, ini dia situs yang mampu melacak keyword pengunjung blog anda.

Google Analytics sang pelacak keyword pengunjung blog

Anda mungkin sudah pernah dengar, Tool yang satu ini adalah milik google.com, punya fiture yang cukup lengkap, sangat handal sehingga banyak dipakai oleh para webmaster. Dan Anda tidak perlu lagi membayar untuk memakasi tool ini, mungkin nah karena faktor gratis ini juga yang membuat penggunanya sangat banyak (gratisan gitu).Hehe.

Karena google analytics ini sangat kompleks penjelasannya, dan saya belum sempat membuat tutorialnya. Saya sarankan anda untuk searching lagi dengan terkait kata penggunaan google analytics. Seperti yang anda lihat pada gambar google analytics dibawah ini, ada beberapa bagian utama dari google analytics seperti: Kunjungan, Penggunaan Situs, Iktisar Pengunjung, Tampilan Peta, Iktisar Sumber Lalu Lintas dan Iktisar Konten, dll.


Mybloglog.com

Begitupun Situs ini, sudah sangat terkenal dengan widget recent reader-nya, hampir semua blog yang kita temui di internet nyaris menggunakan widget recents reader punyanya mybloglog.com. Tampilannya berupa avatar membuat kita langsung tahu siapa saja tamu yang datang berkunjung, tapi tentu saja tamu yang sudah terdaftar di mybloglog.com, oke gak!

Nah Selain widget itu kita juga bisa memanfaatkan tools menarik lainnya yaitu statistik, dari tool ini kita bisa melihat pengunjung berasal dari mana saja kira-kira. Apakah langsung mengetikkan URL blog kita, melalui blog lain, melalui mesin pencari lengkap dengan keyword yang digunakan pengunjung tersebut dan lain dan lain. Kita juga bisa melihat tulisan yang mana yang paling banyak di klik oleh pengunjung, caranya login ke akun mybloglog anda, klik Statistik (sebelah kiri dibawah pd bagian My Sites and Services, tepatnya dibawah Recent Visitors).

Untuk bisa melihat statistik blog seperti keyword apa yang digunakan pengunjung blog, anda bisa melihat pada bagian Where Readers Came From (sebelah kiri lihat pada gambar diatas). What Reader Viewed berarti artikel/tulisan apa saja yang paling banyak ditampilkan oleh blogger.

Untuk menggunakan fasilitas ini anda bisa mendaftar gratis disini.

Sitemeter.com

Maksudnya Anda bisa mensetting statistik blog jadi private itu artinya hanya anda yang bisa melihat statistik blog anda semata dan begitu juga sebaliknya anda bisa mensetting statistik blog anda jadi public, jadi terserah dikau saja.

Sitemeter.com akan memberikan banyak informasi diantaranya berapa kali blog dikunjungi perhari, berapa banyak artikel ditampilkan, unique visitors, lokasi negara dari pengunjung, berapa user yang sedang online, dari situs mana saja pengunjung datang dan masih banyak lagi.

Selain itu widget blog ini juga sangat simple dan tanpa animasi sehingga anda nggak perlu khawatir loading page blog anda jadi berat. Statistik blog di update setiap 1 jam.

Anda bisa mendaftar gratis disini.

0 komentar:

Blog Archiev