Cara memulai Usaha

Bagaimana Cara memulai usaha
Bagaimana si cara memulai sebuah usaha? pertanyaan ini saya rasa banyak sekali digandrungi oleh orang-orang yang akan berwirausaha atau orang yang ingin memulai sebuah usaha untuk dirinya sendiri. berangkat dari pengalaman baca dan browsing ke situs-situs ilmiah yang menggugah inspirasi tentang berwirausaha maupun membangun dan menjalankan usaha yang dibangun, saya ada beberapa tips untuk kamu yang sedang mencari inspirasi ketika yang saya lakukan dahulu.
  1. Mulai usaha dari hal terkecil. Ga usah nunggu modal besar.kamu punya uang berapa?itu sudah cukup memulai usaha.
  2. Mulai dari Hobi kamu, biasanya didasari hobi melakukan sesuatu tidak akan bosan, karena suka melakukannya. Misalnya hobi kamu ngajar, bisa dijadikan ladang uang, mulai private atau kursus kecil kecilan, pasang pamplate di komplek kamu, rekrut orang dan ingat harga dibawah standar)menarik perhatian). Terus hobi kamu browsing, bisa buka private atau kursus atau jasa pembuatan blog. Terus misalnya hobi kamu bergaul, kamu bisa menawarkan sebuah produk ke relasi kamu. Ga punya produk? bikin jalinan kerjasama. Cari produk berkualitas, kalo bisa superbrand. Contoh lihat disini
  3. Sekarang zamannya online, orang udah banyak yang nyari sesuatu ke google (icon search engine terpopuler), ditambah pengguna internet yang semaikn bertambah, Kalo udah bikin blog, cari tutorialnya di internet.atau cari di artikel blog saya ini. kalo udah, Bikin hubungan pertemanan di Facebook atau Friendster. Rekrut teman sebanyak banyaknya, walau dia ga berminat mungkin koleganya.iya kan?emm emm.
  4. Isi konten yang menarik dan pasarkan blog kamu, cantumkan disitu tentang CV kamu segala tentang kamu tentunya yang baik baik. Bikin juga blog atau website untuk penjelasan jasa atau produk kamu. Jangan lupa pasarkan! ada yang gratis dan ada yang bayar, untuk mulai pake yang gratis. Cantumkan apa yang menjadi terhubungnya calon konsumen untuk menghubungi kamu.
  5. Buat kartu nama bisnis kamu : buat 1, 2 kartu nama bisnis kamu. berikan ke orang-orang. letakkan disitu jasa, atau produk kamu, telepon kamu, website atau blog kamu de el el yang menarik.
  6. Buat pamplate dan sebarkan! tambah perkawanan, online maupun offline
  7. Jangan takut akan gagal, takut gagal berarti takut akan merasakan angin segar akan bisnis kita.
selama ini memulai usaha sangat di yakini butuh modla yang besar, yah memang tapi itu untuk sekian kalinya melangkah. Bukankah sambil berusaha seadanya, sambil belajar kita tak akan rugi? sekian dulu yah tips bagaimana cara memulai bisnis maupun usaha kita, bahkan dengan modal yang kita punya di saku kita. Saya sendiri masih dalam terus proses menjalankannya semuanya, karena ini tak akan lepas dari belajar dan belajar untuk menghadapi hal-hal yang didepan kita! semoga tips cara memulai usaha dan cara membangun bisnis dari hal erkecil ini bisa membantu kawan kawan semua.

0 komentar:

Blog Archiev